Senin, 24 September 2007

Belajar linux

BELAJAR LINUX

Jika Anda pernah berencana beralih menggunakan operating system open-source ini, namun masih ragu-ragu untuk melakukannya, berikut enam fakta tidak berguna yang kemungkinan bisa saja mengubah drastis keinginan Anda tersebut.

    1. Berapa banyak versi Linux yang ada?

Banyak sekali. Minimal ada 350, menurut daftar yang berhasil disusun situs pengamatnya, DistroWatch.com. Situs tersebut mendeskribsikan tentang distribusi yang lebih kecil, dengan favorit bulan ini Ubuntu terdaftar sebagai yang paling populer bagi pembaca situs tersebut. Ubuntu tengah meraup keuntungan, menuai dukungan yang diberikan Chief Executive Sun Microsystems, JonathanSchwartz.

2) Aplikasi apa yang tersedia untuk Linux? Apa yang disediakan oleh LAMP?

Aplikasi open-source yang memberikan PC Linux sebuah alasan tepat – dan satu hal yang harus dilakukan juga agar pekerjaan tidak sia-sia adalah – OpenOffice.org. Menurut StarOffice Sun, OpenOffice.org merupakan sebuah kumpulan yang diposisikan sebagai alternatif gratis untuk Microsoft Office (walaupun, telah ada versi Windows). Layanan ini difasilitasi dengan pemrosesan word, spreadsheet, presentasi (contohnya model slide Powerpoint), dan program grafik. OpenOffice hadir dalam bentuk bundelan berisi beberapa distro Linux, termasuk buatan RedHat dan Novell.

Untuk menyediakan macam yang Anda inginkan, disediakan juga beberapa versi CD-ROM, namun cara yang paling mudah adalah dengan men-download software-nya. Sementara itu OpenOffice adalah satu-satunya paket produktivitas Linux yang paling utama yang pernah ada, sentuhan paket ini adalah bahwa paket tersebut memiliki isu abadi sehubungan kompatibelitasnya dengan bentuk file MS Office. Paket Linux gratis yang kurang terkenal adalah GNOME Office dan KOffice. Untuk Web browser, Firefox buatan Mozilla dan rekannya Thunderbird e-Mail client merupakan pilihan aman dan juga tepat. Keduanya bahkan tersedia dalam bentuk CD (dengan harga USD 6). Konqueror merupakan browser terkenal lainnya yang dikemas dengan beberapa distro dalam satu paket yang dapat digunakan dalam satu waktu.

3) Bagaimana jika ingin mendengarkan musik?

Bagi pengguna di rumah, Anda dapat melakukan pemrosesan word, aplikasi yang paling penting selanjutnya adalah music player. RealPlayer, terkenal dapat menggali ke dalam sistem Windows, merupakan salah satu player utama yang menyediakan versi untuk Linux (cukup sulit untuk menjelaskan ciri program yang bernama Windows Media Player dan Winamp, walaupun penggabungan antara kegiatan open-source dari pendahulunya tengah dilakukan.

4) Lingkungan DESKTOP seperti apa yang bisa saya gunakan bersama dengan distro yang saya miliki?

Penting untuk memahami bahwa Linux dianggap sebagai desktop, tidak berarti desktop yang bisa Anda miliki. Yang dimaksud adalah user interface (UI) komputer Anda. Memberikan kultur riwayat Linux yang Anda buat sendiri, tidak mengherankan bahwa UI open-source aslinya merupakan elemen tersendiri dari operating system dasar. Dewasa ini, mayoritas distro telah dikemas dengan satu atau dua lingkungan desktop utama untuk Linux: contohnya Gnome atau KDE. Secara konsep, desktop tersebut dihasilkan dari sistem X Window, GUI era 1980an asal dunia Unix. Pada tingkatan akhir pengembangannya, perbedaan antara Gnome dan KDE lebih bersifat politis dari pada teknikal. KDE seperti tipenya sendiri akan memiliki lebih banyak bel dan peluit serupa Windows, sementara itu Gnome dikatakan akan berjalan lebih cepat.

5) Linux pada server, Linux pada desktop – Di mana yang sebenarnya?

Pada server. Linux pada desktop tidak menghasilkan jangkauan dukungan yang diharapkan. Mungkin hal tersebut tidak akan terjadi, ini menurut catatan analisis Rob Enderle, yang mengatakan kepada ComputerWorld bahwa sangatlah sulit untuk secara terbuka menyaingi Microsoft. Menurut mayoritas estimasi yang signifikan, penggunaan Linux pada desktop bekerja hanya sekitar 3% dari semua PC yang telah digunakan untuk menginbangi Microsoft.

Bagaimana pun, hal tersebut tidak meluruhkan perhatian penuh kepercayaan pihak-pihak yang memprediksikan pengadopsian desktop akan segera terealisasi. Sebagai bagian dari fakta bahwa sebagian besar perusahaan dapat menghasilkan uang dengan Windows. Ada dua masalah utama yang tidak dijamin jika menggunakan Linux. Hal yang paling utama, Windows merupakan operating sistem yang sangat kompleks.


6) Bagaimana cara mengaktifasikannya?

Sebuah cara bebas hambatan yang menyakitkan untuk dilalui (OK, hal ini akan mengembalikan uang Anda sebesar USD 16, ditambah ongkos pengiriman) adalah dengan pembacaan Test Driving Linux. Buku, karya David Brickner, termasuk CD yang membantu Anda mengoperasikan Linux pada komputer Windows tanpa mengganggu penginstalan Windows. Pada bagian bawahnya, buku Linux ini, seperti yang dikatakan judulnya, sebuah "test drive" yang hanya tersedia dalam bentuk CD.

Secara permanen tidak dapat menginstal OS ini ke hard drive Anda. (Petunjuk selanjutnya adalah CD yang sedikit rewel; tidak akan berfungsi jika Anda tidak dapat mengoperasikan PC Anda dari CD drive. Tidak seperti desktop Compaq model lama, untuk alasan yang tidak terjelaskan, namun perangkat tersebut seperti sebuah kawasan pada laptop HP Pavilion.)

Tidak ada komentar: