Selasa, 30 Oktober 2007

Instalasi lewat APT-get

Salah satu kemudahan nya adalah instalasi (klo di Windows ada “Add and Remove Program”) dengan memakai apt-get yang sangat mudah, cepat dan tidak membebani, apt-get ini adalah instalasi program berbasis internet, yang tentunya anda membutuhkan koneksi internet, dan hare gene kampus mana yang blom ada internet??

Hanya dengan mengetik$ apt-get install
anda sudah dapat menikmati program yang anda cari, tanpa meninggalkan KTM di rental dan tanpa membayar denda klo telat (rekor gw denda 38.000 rupiah,padahal minjemnya cuma 7000, trauma dah)..

Sebelumnya anda membutuhkan sebuah repository server sebagai tempat rujukan untuk mendownload program anda, cukup sekali saja untuk kemudahan sepanjang hidup anda, dengan mengkopi daftar alamat repository ke dalam file sources.list (/etc/apt/sources.list)

Beberapa command yang anda butuhkan:~$apt-get install silahkan download sesuka hati anda program yang anda butuhkan, gunakan opsi -f (apt-get install -f) untuk memperbaiki program anda.
~apt-get updateini adalah command untuk mendapatkan update kernel maupun fixing untuk sistem linux anda dengan packages terbaru untuk sistem anda. command ini akan mengecek rilis security issue dan fixing untuk sistem anda.
~apt-get upgradeini adalah command untuk mencari dan mengupgrade packages yang anda punya ke dalam versi terbaru, command ini akan memeriksa repository untuk packages yang penting dan terbaru untuk diinstall langsung ke komputer anda.
~apt-get dselect-upgradecommand ini berguna untuk mengecek apakah sebuah program tersebut sudah tua dan ada penggantinya?, jika ada maka anda menginstall program terbaru tersebut, jika tidak, ya anda sudah memegang program terbaru
~apt-get dist-upgradecommand ini akan mengupgrade sekaligus mengecek dependencies baru yang dibutuhkan, dependencies adalah kebutuhan terhadap library yang dibutuhkan sebuah program supaya program tersebut dapat berjalan
~apt-get removecommand ini untuk me -uninstall suatu program
~apt-get cachecommand ini untuk mengecek apakah program tersebut rusak atau berjalan baik
~apt-get cleancommand ini berguna untuk membersihkan daftar program yang telah anda ambil
untuk detail lebih lanjut anda dapat membaca manual dari apt-get$man apt-get
untuk daftar program yang ada di ubuntu berikut penjelasannya anda dapat melihat link di sini:
http://packages.debian.org/stable/
link diatas adalah daftar lengkap program di distro turunan Debian (ubuntu, kubuntu,linuxmint dsb)
selamat mencoba . . .

Tidak ada komentar: